Cara Menghilangkan Ketombe


Cara Menghilangkan Ketombe
Cara Menghilangkan Ketombe
Cara Menghilangkan Ketombe. Sahabat sehat kali admin akan sedikit berbahi tips mengenai cara menghilangkan ketombe. Ketombe adalah serpihan kulit kepala kulit yang terus menerus mengelupas dari kepalamu. Sama seperti rambut rontok, sebenarnya normal bagi kulit kepala untuk mengelupaskan kulit mati untuk proses regenerasi kulit baru. Sel-sel baru terbentuk di lapisan bawah kulit kepala.

Dengan ketombe, seluruh proses pembaharuan kulit (atau pergantian kulit) terjadi lebih cepat, sehingga lebih banyak sel-sel mati yang terkelupas dan dalam ukuran cukup besar untuk dilihat dengan mata telanjang. Kulit kepala juga mungkin merasa sedikit gatal. Ketombe adalah sangat umum. Menurut pusat penelitian Proctor and Gamble, ketombe mempengaruhi lebih dari 50% dari populasi Amerika Serikat - sehingga lebih umum untuk memiliki ketombe daripada tidak! Hal ini dapat terjadi pada semua usia, tetapi kemungkinan besar di awal 20-an.
Seputar Ketombe

Ketombe disebabkan oleh kekeringan pada kulit kepala.


Salah. Ketombe disebabkan oleh pergantian cepat sel-sel di kulit kepala, sehingga banyak sel kulit mati yang terkelupas dari permukaan kulit kepala. Bahkan, ketombe terjadi di daerah di mana kelenjar minyak dari kulit kepala yang paling aktif.

Ketombe adalah lebih umum pada laki-laki daripada perempuan.
Benar. Mungkin karena aktivitas kelenjar minyak yang dipengaruhi oleh hormon testoteron yang banyak dimiliki laki-laki.

Ketombe dipengaruhi oleh cuaca.
Mungkin benar. Sinar matahari yang panas memicu kelenjar minyak untuk semakin aktif guna melindungi lapisan kulit kepala.

Ketombe dapat menular.
Salah. Kamu tidak dapat terkena ketombe dari orang lain, misalnya dengan menggunakan sisir atau penutup kepala milik teman yang memiliki ketombe.

Mengenakan penutup kepala memperburuk ketombe.
Benar. Jamur Pityrosporum ovale dapat berkembang biak dengan baik ketika terlindungi dari sinar matahari, dan penutup kepala mencegah keringat menguap, yang dapat mendorong jamur untuk berkembang biak semakin aktif.

Cara Mengatasi Ketombe
Apabila kamu memiliki ketombe, hindari segala bentuk gel rambut atau produk styling rambut lainnya.
Jangan menggaruk kulit kepalamu. Jika kamu keramas, cobalah untuk memijat kulit kepala tanpa menggaruk. Tekanan kuku pada kulit kepala yang gatal akibat ketombe dapat merusak rambut pada akarnya, yang dapat menyebabkan kerontokan dan rambut rapuh.

Jika masalah ketombemu ringan, cobalah keramas tiga kali seminggu menggunakan Pantene Anti Dandruff. Shampo ini akan membantu menghapus serpihan sel-sel kulit mati di kepala yang mengelupas, dan kandungan Pro-V di dalamnya akan melindungi kulit kepala dan rambut.

Hindari mewarnai rambutmu. Bahan kimia dalam pewarna rambut dapat memperparah kondisi ketombe.

Apabila masalah ketombemu sudah semakin parah dan bentuk serpihannya tidak seperti ketombe pada umumnya, dan kulit kepala menunjukkan warna merah dan gatal, ada kemungkinan kamu mengalami seborrhoeic dermatitis (semacam eksim). Atau apabila ketombemu memiliki tekstur yang tebal dan berlapis-lapis, dan dialami juga oleh bagian tubuh lainnya, ada kemungkinan kamu mengalami psoriasis. Segera kunjungi dokter kulit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.
Untuk Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami adalah Sbb:


- Jeruk Nipis
Ambil jeruk nipis dan peraslah hingga kamu mendapatkan sekitar 2 sendok makan air perasan, siramkan ke kepala, ratakan dan remas-remas hingga ke kulit kepala. Setelah itu ambil segelas air yang sudah dicampur dengan 1 sendok makan lemon, siramkan kembali ke rambut anda, tunggu beberapa menit lalu bilaslah dengan air. Ulangi beberapa kali sampai ketombe anda benar-benar hilang.

- Garam
Ambil sedikit garam sebelum kamu berkeramas, taburkan garam di kepala dan gosok kulit kepala, bilaslah setelah beberapa saat dan bersihkan dengan shampoo.
- Ketombe juga dapat dihilangkan dengan menggunakan santan kelapa
Campur santan dari setengah butir kelapa, satu gelas jus buah nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Aduk secara merata. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut setiap lima hari sekali. Bersihkan dengan shampoo setiap kali melakukannya.

- Cuka Putih

Campurkan secangkir cuka putih dengan secangkir air, dan tuangkan di kulit kepala Anda setelah berkeramas, sebagai bilasan akhir. Biarkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih. 

Demikianlah tips cara menghilangkan ketombe, Mudah-mudah bermanfaat, yang paling inti dari dari semua itu adalah menjadi kesehatan tubuh kita dengan olah raga dan makanan yang sehat, serta rajin keramas, dengan shampo anti ketombe  dijamin ketombe tidak akan betah nempel di kulit kepala kita. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

Monetize your website traffic with yX Media