Cara Merawat Kesehatan Kulit dan Mata

Cara Merawat Kesehatan Kulit dan Mata. Sahabat Sehat Kulit merupakan bagian tubuh yang paling penting saking Begitu pentingnya bagian tubuh yang satu ini membuat banyak orang yang melakukan segala cara untuk menjaga kesehatanya dan terapi. Bahkan untuk memperoleh penampilan kulit yang sehat mereka berani mengekuarkan rupiah yang begitu banyak. Padahal, jika mereka mau sedikit belajar, mereka tak perlu menggelontorkan banyak dana untuk melakukan operasi plastik atau perawatan yang lain. 


Cara Merawat Kesehatan  Mata
  Mata

Cara  Menjaga Kesehatan Kulit

Berikut ini adalah cara-cara menjaga kesehatan kulit diantaranya : 

Banyak Minum Air Putih 

Air putih merupakan sumber daya alam yang mampu memberikan jutaan manfaat pada makhluk hidup. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan meminum air, anda akan terhindar dari stress kulit. Selain menghindari stress kulit, air putih juga dapat menghindarkan anda dari kulit keriput. Jumlah minimal air yang harus anda konsumsi untuk setiap harinya adalah 8 gelas. Cara meminumnya pun bukan asal minum. Anda harus meminumnya sedikit demi sedikit agar lebih tahan lama di dalam tubuh. 

Tidur yang Cukup 

Cara kedua untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengatur waktu tidur dengan benar. Menurut penelitian, seseorang yang kurang tidur kulitnya akan menjadi kusam, cepat keriput dan warna kulit menjadi tidak rata. Oleh karena itu, bagi anda yang menginginkan kulit yang sehat dan kenyal, anda harus mengatur waktu tidur. Standart waktu tidur dalam jangka waktu 24 jam adalah 7 jam. Dalam waktu 7 jam tersebut, kulit akan beregenerasi sehingga keesokan harinya anda akan terlihat lebih segar. 

Selain menjaga waktu istirahat, anda juga dapat menjaga kesehatan kulit dengan cara menghindari sinar matahari secara langsung. Sinar matahari langsung akan membuat kulit anda menjadi kusam dan kering. Karena itulah, anda harus mengenakan jaket atau sweater saat hendak pergi keluar rumah. 

Hindari Makanan Mengandung Gula 

Langkah berikutnya untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan menghindari makanan yang banyak mengandung gula. Menurut penelitian, makanan yang mengandung gula terlalu tinggi akan menyebabkan kolagen dan elastin mengalami kerusakan. Jika sudah begitu, kulit anda akan menjadi keriput dan menjadi kendur. Karena itulah batasi konsumsi gula agar kulit anda tetap segar dan sehat. Gantilah makanan yang mengandung banyak gula dengan buah dan sayur. Hal tersebut perlu anda lakukan karena buah dan sayur merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kulit. 

Lakukan Perawatan Rutin 

Polusi udara membuat kulit anda menjadi kering dan kusam. Karena itulah anda perlu membersihkan kulit anda agar tetap terlihat bersih dan segar. Cucilah wajah anda setidaknya 3 kali dalam sehari. Hal itu penting karena polusi udara merupakan salah satu penyebab dari munculnya jerawat. Untuk itulah rajin-rajinlah mencuci wajah dan mandi 2 kali dalam satu hari. 

Menggunakan Masker Alami 

Untuk menghindarkan kulit wajah dari jerawat, gunakan masker jagung muda. Untuk menghindari wajah kusam, gunakan masker mentimun dan untuk menghindari bekas jerawat, anda dapat menggunakan masker jeruk nipis. 

Dan untuk Perawatan Mata Silahkan anda simak dibawah ini:

Cara Merawat Mata :

1. Jangan melihat cahaya yang terlalu terang secara langsung/tiba-tiba
Tanpa cahaya mata tak dapat melihat. Namun akan berbahaya jika mata diperlihatkan dengan cahaya yang terangnya melebihi kekuatan mata. Seperti matahari, sebaiknya jangan melihat matahari sesekali pun disaat hari sedang terik. Tidak apa-apa jika melihat matahari saat hari mendung atau ketika matahari terbenam.

2. Menonton Televisi Jangan Terlalu Dekat
Jarak yang aman untuk menonton televisi kalau tidak salah 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskop pun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang.

3. Jangan terlalu lama melihat layar komputer/laptop
Seperti yang kita ketahui jika layar komputer atau layar laptop dapat memancarkan radiasi yang cukup kuat. Maka jangan sampai lama-lama melihat layar komputer/laptop, jika anda terlalu lama melihat layar komputer/laptop secara konstan maka hal ini akan membuat mata lelah dan kepala akan terasa sakit. Jika anda merasakan hal ini maka usahakan berhenti sejenak agar sakit kepala anda tidak bertambah. Usahakan setiap 20 menit melihat layar komputer/laptop anda harus megalihkan pandangan ke hal yang lain, hal ini mencegah mata agar tidak kering dan tidak cepat lelah. Jangan lupa atur kecerahan layar komputer/laptop anda supaya tidak terlalu terang.

4. Jangan membaca di ruangan yang kurang cahaya
Saat anda membaca usahakan cahaya yang ada di ruangan anda tidak terlalu gelap karena akan menyebabkan mata menjadi tegang dan cepat lelah. Jika anda membaca pada malam hari taruhlah lampu dekat dengan buku anda. Sehingga tulisan akan terlihat dengan jelas dan tidak merusak mata.

6. Perbanyak makanan yang mengandung zat besi
Percaya atau tidak, makanan yang mengandung zinc dan selenium juga baik untuk mata. Zat ini berfungsi memerangi radikal bebas yang dapat berdampak buruk pada kesehatan mata. Anda dapat mendapatkan zinc dari nasi, susu, daging, dan ikan tuna.

7. Perbanyak konsumsi wortel
Wortel mengandung banyak beta karoten yang mampu menjaga kesehatan dan kemampuan akomodasi mata. Kandungan beta karoten di dlam worterlberkhasiat untuk meminimalisir resiko degenerasi pada manula.

8. Perbanyak konsumsi sayuran dengan daun hijau tua
Sayuran seperti ini kaya akan lutein dan zeaxanthin, yaitu karotenoid yang dapat mengurangi resiko katarak serta degenerasi daya penglihatan yang disebabkan oleh gangguan pada pusat retina mata. Konsumsi buah-buahan seperti cerry, buah berry karena dapat menangkal radikal bebas dari sinar matahari, polusi dan debu yang menyapa mata.

9. Hindari Debu Dan Polusi
Bagi anda yang sering beraktivitas di jalan raya seperti tukang ojek, polisi, polisi cepek, preman, supir angkot, kurir, dan lain sebagainya sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

10. Jangan Mengucek Mata Sembarangan
Hindari mengucek mata sembarangan saat gatal karena terkena debu atau kemasukan partikel kecil (kelilipan). Langsung bilas dengan air mengalir. Kebiasaan mengucek mata sembarangan, apalagi dengan jari yang kotor akan mengakibatkan retina tergores, sehingga dapat menimbulkan infeksi yang membahayakan keutuhan struktur mata.

Demikainlah Tips Yang bisa admin berikan mengenai Cara Merawat Kesehatan Kulit dan Mata, semoga bermanfaat, terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

Monetize your website traffic with yX Media