20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter

Obat Asam Lambung - Sahabat sehat Hampir setiap orang pernah memiliki atau menderita penyakit asam lambung. Penyakit maag/kalo istilah sunda sumelangen. terjadi karena kelebihan asam lambung, sehingga lama kelamaan dinding lambung tak kuat menahan asam lambung dan menimbulkan rasa sakit yang mengganggu dengan biasanya timbulkan penyakit asam lambung adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman waktu menelan, dan rasa sakit di waktu menelan. Adapun gejala tambahan seperti serangan asma yang frekuen, suara serak, mual dan muntah, batuk lama rekfakter dan nyeri di dada. 

Asam lambung/maag disebabkan oleh penyakit lambung dari zat yang dapat menginhibisi sekresi asam lambung. Misalnya zat kimiaHistamin dan Anti Inflamasi non steroid. Kerja berat, pikiran tegang, tidak tenang, atau kurang tidur yang menyebabkan kadar asam lambung yang tinggi. Sering terlambat makan, kebiasaan minum obat yang sifatnya asam dengan perut kosong, minum-minuman beralkohol, dan mengisap rook berlebihan.


ciri-ciri maag akan terasa menusuk pada bagian belakang dan dimalam hari akan terasa nyeri sempat datang dan pergi misalnya setelah makan sedikit, rasa nyeri hilang tapi sebentar kambuh lagi. Maag juga menyebabkan luka di kerongkongan, diringi panas membakar naik, mulut pahit dan sering bersendawa.  Berikut ini adalah beberapa gelajala yang disebabkan asam lambung: 

1. Penyebab Zat Eksternal
  • Alkohol 
  • Obat-obatan 
  • Infeksi bakteri atau virus
  • Keracunan
  • Bahan korosif
2. Penyebab Zat Internal 
  • Sering makan makanan asam, pedas termasuk lada
  • Kebiasaan makan yang tidak teratur 
  • Kondisi psikologis stres mental dan frustasi 
  • Tanda dan Gejala Asam Lambung/Maag
  • Hilangnya nafsu makan 
  • Mual dan muntah 
  • Kehilangan berat badan drastic 
  • Sering disertai perih/kembung diuluh hati 
  • Rasa perih dapat lebih baik atau lebih buruk ketika makan 
  • Perut terasa penuh pada bagian atas setelah makan
  • Cara Pencegahan Timbulnya Penyakit Asam Lambung/Maag 
  • Makan teratur 
  • Hindari alkohol dan rokok
  • Olahraga teratur 
  • Istirahat yang cukup 
  • Menghindari makanan iritasi lambung misalnya makanan asam pedas, asam dan berbumbu
  • Mengatasi Gangguan Asam Lambung/Maag Dengan Tanaman Obat atua Herbal
Banyak obat yang sering kita temukan di warung-warung dan apotik yang sifatnya menurunkan keasaman cairan di lambung dengan menaikkan pH, untuk sementara sakit hilang. Namun kesembuhan karena lambung masih lemah akibat erosi dan belum seimbangnya produksi kelenjar-kelenjar lambung. Sedangkan untuk tumbuhan obat digunakan untuk mengatasi gangguan dan mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar lambung dan pencernaan secara umum sehingga alangkah lebih baiknya anda menggunakan tanaman-tanaman obat yang memang memiliki fungsi dalam penyembuhan asam lambung berikut ini adalah beberapa tanaman herbal yang dapat mengembuhkan asam lambung: 


Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter

1.Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Andong (Cordyline fructicosa (Linn.) 

Andong dengan rasa manis, hambar, dan sifatnya menyejukkan. Andong dapat menjadi obat herbal dalam menyembuhkan asam lambung karena kandungannya dan banyak digunakan dalam menyejukkan darah, menghentikan pendarahan dan menghilangkan bengkak karena memar (antiswelling). Adapun cara membuat obat herbal asam lambung ini adalah dengan mencuci bersih 15-30 g daun andon kering atua 6-10 akar andong kering. Rebus bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum ramuan tersebut sekaligus dengan 1 gelas sehari.

2. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Anggrung (Trema Orientalis Bi) 
Anggrung dapat menyembuhkan asam lambung atau maag karena kandungan kimia dalam anggrung diantaranya saponin, flavonoid, dan polifenol. Cara memanfaatkan anggrung sebagai pengobatan tradisional asam lambung adalah dengan mencuci bersih 5 kg akar, campur dengan 2 gelas air, lalu rebus. Setelah 25 menit, dinginkan rebusan, lalu saring dan buat menjadi 2 gelas. Minum 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas. 

3. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Anting-Anting (Acalypha australis L)

Dengan rasa pahit dan sejuk dapat menyembuhkan meredakan asam lambung dan telah digunakan turun temurun dengan efek antibiotik, antiradang dan menghentikan pendarahan dapat bermanfaat bagi anda dalam pengobatan asam lambung dengan cara lumatkan herba anting-anting segar secukupnya lalu campurkan dengan gula pasir secukupnya dengan menempelkan hasil lumatannya ketempat luka. 

4. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Jombang (Taraxacum Mongolicum Hand-Mazz)

Rasa yang manis, pahit dan sifatnya dingin jombang sudah lama diyakini dapat mengobati asam lambung atau maag dan dengan berkembangnya teknologi membuktikan mengapa jombang dapat bertahan dalam pengobatan penyembuhan asam lambung karena kandungan diantaranya glukosa, fruktosa, choline, taraxerol, stigmasterol, B-stisterol, taraxol, taraxasterol dengan dengan efek antibiotik, antiradang, dan penghilang racun. Cara pengobatan asam lambung/maag dengan herbal jombang adalah mencuci bersih 20 g tumbuhan segar jombang, lalu direbus dengan 3 gelas air- tersisa 1 gelas. Saring air rebusan tersebut lalu minum 2x sehari dengan 1/2 gelas masing-masing. 

5. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) 

Sifatnya aromatik, tajam dan agak pedas.Dengan kandungan kurkumin, zat tepung, glikosida, karbinol, protein, serat, kalium oksalat, toluil metil, I-sikloisopren myrsen, dengan kandungan temulawak tersebut dapat mengobati asam lambung atau penyakit maag anda dan sebagai obat tradisional pilihan anda dalam menghadapi asam lambung anda ketika tiba-tiba muncul dengan cara merebus 30 gram rimpang temulawak, lalu airnya diminum. 

6. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Kunyit (Curcuma Longa Lin atau Curcuma domestica Val) 

Rasa yang agak pahit, sedikit pedas, bau khas, dan sifat yang sejuk dan tidak beracun menjadi obat khas asam lambung tradisional yang sudah banyak digunakan sebagai pengobatan penyakit asam lambung dan macam-macamnya karena kandungan di antaranya caffed acid dengan efek antiradang (anti-imflamasi), antibakteri, dll. Cara membuat obat tradisional asam lambung/maag adalah dengan merebus 10-25 gram rimpang kunyit, lalu airnya diminum. 

7. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Nanas 
Buah dengna kandungan vitamin A, C, kalsium, magnesium, besi, fosfor, kalium, natrium, besi, enzim bromelain, dekstrosa, sukrosa. Salah satu kandungan buah nanas sehingga dapat mengobati asam lambung/maag adalah Bromelain yang berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung dengan memilih buah nanas yang segar dan telah masak. 

8. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Sambiloto (Andrographis paniculata)
Sambiloto sebagai obat tradisional asam lambung karena kandungan kalgemin, antrograhit, andrograpolit, garam kalium, garam natrium dan minyak goreng, juga mengandung zat pahit yang berupa hablur kuning. Cara pembuatan obat tradisional asam lambung dengan sambiloto adalah menggunakan sambiloto kering 9-15 gram lalu direbus dan kemudian diminum. 

10. Obat Tradisional Asam Lambung: Asam Jawa (Tammarindus Indica L) 

sam jawa dapat mengobati asam lambung dengan pengolahan kulit batang asam jawa yang direbus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu disaring dan kemudian diminum.

11.Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Manggis (Garcinia Mangostana L)

Manggis dapat mengobati asam lambung atau maag dengan cara mengolah kulit buah dengan mengeringkannya kemudian diseduh dengan segelas air, lalu disaring dan diminum. 

12. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Singkong (Manihot utilissima) 
Singkong dapat menyembuhkan asam lambung/maag dan dapat menjadi obat tradisional dan sekaligus menjadi konsumsi anda setiap hari sebagai pengobatan dan penyembuhan asam lambung/maag dengan cara memparut singkong,kemudian diperas, didiamkan beberapa menit, lalu ambil saripatinya dan kemudian diminum. 

13. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Kumis Kucing (Orthosiphon Spicatus) 
Kumis kucing dapat juga digunakan sebagai obat maag/asam lambung dengan mengolah daun dan batang dengan pertama-tama dicuci, kemudian direbus hingga menjadi 1 gelas, lalu diminum. Selain pengobatan herbal asam lambung, kumis kucing juga bermanfaat dan dapat digunakan sebagai obat herbal dalam penyakit diabetes dan melancarkan air seni. 

14. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Sirih (Piper Bettle)
Sirih dapat bermanfaat juga dalam pengobatan asam lambung/maag dengan mengolah 3-5 lembar daun sirih kemudian dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa segelas air kemudian diminum. 

15. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Kencur (Kaempferia galanga L.)
Tanaman yang dapat digunakan sebagai obat tradsional asam lambung/maag memiliki kandungan asam annisad, alkaloid, gom, asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, asam metil kanis dan penta dekaan. Cara membuat obat asam lambung dengan menggunakan kencur adalah menggunakan 10-25 gram rimpang kencur, diremus dan diminum airnya. 

16. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Apu-Apu (Pistia stratiostes L)
Tanaman dengan sifat herba apu-pu pedas, sifat sejuk, berkhasiat antirematik, antiradang, peluruh keringat (diaforetik), dan peluruh kencing (diuretik) Sedangkan kandungan kimia mengapa memiliki banyak khasiat atau manfaat dan dapat menjadi obat asam lambung karena mengandung flavonoid, tanin dan polifenol. Cara pengolahan apu-apu sebagia obat tradisional asam lambung adalah dengan mencuci daun apu-apu segar 15 lembar, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Saring, kemudian dinginkan dan minumlah dua kali pagi dan sore. Wanita hamil dilarang untuk mengkonsumsi obat tradisional ini. 

17. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Ceguk (Quisqualis Indica L)
Rasa buah yang manis, hangat, astrigen dan beracun (toksik) dan masuk pada meridiam limpa dan lambung. Kandungan dari ceguk pada buah yang masak adlaah quisqualic aci, succinic acid, trigonelline, pyridine, potassium quisqualate, phytosterol, pentosan, serine, glucosazon, dan mineral K, Na, SO4. Sedangkan bijinya mengnadung 25% minyak lemak dari oleic, miyristic, palmitic, strearic dan linoleic acids;gum dan resin. Jumlah kandungan yang banyak ini dan memang fungsinya berada pada lambung sehingga tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat herbal anda dengan cara rebus ceplukan kering 5-10 kg dengan tiga gelas air sampai tersisa hingga satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari pagi dan sore. 

18. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): ADAS (Foeniculum vulgare) 
Manfaat atau khasiat dari ADAS adalah memang terkhusus untuk sakit lambung, muntah karena lambung dingin, mual, dan kembung. Cara mengolah ADAS sebagai obat tradisional asam lambung adalah dengan 1-5 gram ADAS kering, lalu rebus dan kemudian airnya diminum. 

19. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Kapulaga (Amomum Cardamomum)

Tanaman herba yang berkhasiat sebagai radang lambung, muntah-muntah, mual, perutsebah dan kembung ini dapat diolah menjadi obat asam lambung dengan merebus 3-5 buah kapulaga, dinginkan, lalu airnya diminum. 

20. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Daun Lidah Buaya (Aloe Vera L.)

Lidah buaya sudah banyak mengobati berbagai penyakit dan digunakan sebagai obat herba dan salah satunya adalah obat tradisional asam lambung yang berkhasiat dalam antiradang,dan menguatkan lambung. Cara pembuatan obat tradisional asam lambung/maag dengan menggunakan 10-15 gram kering daun lidah buaya atau 90-100 gram segar daun yang telah dikupas kulitnya, direbus dan kemudian diminum. 

Subscribe to receive free email updates:

Monetize your website traffic with yX Media